Berita

Jokowi dan Gus Yahya, Tokoh Muslim Berpengaruh Dunia

PERADABAN.ID – Presiden RI Joko Widodo dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf menjadi tokoh muslim berpengaruh di dunia pada tahun 2024.

Hal ini berdasarkan riset independent The Royal Islamic Strategic Studies Centre (RISSC). Publikasi bertajuk The Muslim 500: The World’s 500 Most Influential Muslims 2024 menempatkan Jokowi sebagai tokoh yang masuk dalam kategori politisi, sedangkan Gus Yahya dalam kategori ulama dan da’i.

Diketahui, para tokoh muslim yang masuk dalam publikasi tersebut dibagi menjadi tiga kategori, yaitu penguasa dan politisi, ulama dan da’i, serta tokoh yang berkecimpung dalam masalah sosial, olahraga, media, hingga seni dan budaya.

Baca juga:

Satu tokoh muslim berpengaruh lainnya yang berasal dari Indonesia adalah Al-Habib Muhammad Luthfi bin Yahya yang masuk dalam urutan 50 besar. Jokowi berada di posisi ke-13, dan Gus Yahya berada di urutan 20 besar.

Dengan demikian, Jokowi dan Gus Yahya menggenapi posisi tokoh berpengaruh dari tahun sebelumnya. Predikat Jokowi tahun 2021 berada di urutan 12, dan ke-13 pada tahun berikutnya.

Dilansir dari detik.com, Gus Yahya sebelumnya masuk ke dalam daftar tokoh muslim berpengaruh di urutan besar ke-450 dan saat ini melesat di posisi 19.

RISSC dikutip dari dataindonesia.id, pada tahun 2022, menempatkan Indonesia sebagai penduduk muslim terbesar di dunia pada tahun 2022, mencapai 237, 56 jiwa. Disusul Pakistan, India, Bangladesh, Nigeria dan Mesir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button