Berita

Rakernas LPTNU, Gus Yahya: Jadikan Ilmu Pengetahuan untuk Mencapai Kemuliaan

PERADABAN.ID – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengajak Lembaga Pendidikan Tinggi NU (LPTNU) memikirkan ilmu pengetahuan untuk mencapai kemuliaan.

“Saya ingin mengajak Bapak Ibu sekalian untuk berpikir ilmu pengetahuan untuk mencapai kemuliaan,” ujar Gus Yahya dalam Rakernas LPTNU di Medan, Sumatera Utara, Rabu (08/03).

Hal ini sejalan dengan tema Rakernas LPTNU, yaitu Merawat Jagat Membangun Peradaban dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Baca Juga

Menurut Gus Yahya ilmu pengetahuan tidak bisa hanya dipahami untuk persaingan, melainkan dimandatkan untuk kemuliaan masa depan. Hal tersebut sesuai dengan mandate yang ditegaskan Nabi Muhammad Saw, bahwa beliau diutus untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.

“Kalau makarimal (kemuliaan) akhlak bukan hanya Islam, mandate Rasulullah itu itmam, bukan sama sekali baru menggantikan yang lama, hanya menyempurnakan,” lanjutnya.

Gus Yahya menjelaskan bahwa sebelum Islam datang sudah ada kemuliaan akhlak. Islam berkontribusi menyempurnakan akhlak bagi masa depan bersama dengan elemen lain di tengah kehidupan peradaban umat manusia.

Baca Juga

“Saya kira ini adalah visi yang layak untuk dikembangkan atas nama Nahdlatul Ulama karena kalau tidak seperti ini, kita tidak punya atsar (bekas) yang konstruktif untuk kita sumbangkan bagi pergulatan masa depan bersama,” jelas Gus Yahya.

Gus Yahya berharap Rakernas LPTNU menghasilkan rencana yang konkret bisa dikerjakan dan bisa terukur hasilnya menuju perbaikan. Sudah banyak pendidikan tinggi NU di Indonesia, sehingga perlu dikonsolidasikan secara kelembagaan menjadi satu sistem, sehingga bisa bergulat dalam kekuatan bersama untuk mencapai sasaran yang lebih strategis.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button